Thursday 30 March 2017

Perbedaan Java Terstruktur Dan Java OOP

0 comments
Apakah saat ini Anda sudah mengoding Java dengan benar? Ataukah Anda masih ngoding dengan gaya lama, gaya dimana Java pertama kali dikenalkan? Ok, saat ini saya akan memberi sedikit informasi mengenai perbedaan Java terstruktur dan Java OOP. 

Sebelumnya bagi Anda yang belum memiliki atau belum menginstal Java beserta Editornya untuk mengoding silahkan baca artikel ini Cara Install Java Netbeans Lengkap + Link Download

Java merupakan bahasa pemrograman yang saat ini lagi tinggi trennya. Karena Java merupakan bahasa yang multiguna menurut saya. Java dapat digunakan untuk membangun aplikasi Android, Windows, ataupun IOS. Karena hal tersebut Java wajib untuk dipelajari bagi para progammer ataupun developer.

Selanjutnya menuju pembahasan sesuai judul artikel ini. Pemodelan pemrograman Java ada dua macam, yaitu tersetruktur dan OOP. Maksud dari tersetruktur adalah Anda membuat program Java mengikuti atau mengadopsi pemodelan Java pada dasarnya. Jadi tidak ada pengembangan pemodelan. Hal ini sangat banyak sekali kelemahan. Misalnya rusaknya suatu menu program akan mengakibatkan semua fungsi program tersebut error.

Berbeda dengan Java OOP atau Object Oriented Programming merupakan pemodelan Java dengan mengembangkan dasar-dasar dari Java. Fungsinya adalah agar memudahkan dalam pengembangan program ataupun menganalisis program tersebut. Misalkan ada kerusakan suatu menu dalam program tersebut tidak akan mempengaruhi menu program lainnya. Karena pada OOP setiap fungsinya memiliki tempat tersendiri. Jadi antara fungsi satu dengan yang lainnya tidak berada pada satu wadah sekaligus, melainkan dipisah-pisah sesuai kategorinya. 

Untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai Java OOP akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya.
Terimakasih atas kunjungan Anda dan waktu Anda untuk membaca artikel kami.

Leave a Reply